Sabtu, 09 Agustus 2014

Seabrek Game Perangsang Minat Baca Anak
by : Rofi'ie Ariniro
(ODOB 29)
---------------------------------------------

Membaca adalah salah satu proses pembelajaran
Pembelajaran adalah proses membuat sesuatu menjadi familiar
Setiap manusia memiliki 1.000.000.000 sel otak
Tiap kita belajar, 1 sel otak dengan sel lainnya membentuk sambungan

Sel otak yang menyambung artinya otak telah membentuk familiarity
Atau sudah kenal, atau bisa diartikan sudah tahu tentang sesuatu
Jadi, dengan membaca kita diharapkan tahu dan mengenal hal baru
Lebih jauh lagi, isi buku dapat diaplikasikan  ke dalam kehidupan kita

Buku ini memuat 60 games perangsang minat baca anak
Sasaran untuk usia sekitar 7 sampai 10 tahun ke atas
Seperti merangkai huruf, menemukan sebuah nama, satu huruf vokal
Mencari teman abjad, menumpuk kata, acak kata/nama & lainnya

Salah satu motivasi untuk membaca adalah tau apa manfaatnya
Punya alasan yang kuat mengapa buku itu harus dibaca
Faktor tugas sekolah/kuliah/kantor lebih memicu kita untuk membaca
Lalu bagaimana dengan kita yang tidak terikat dengan itu semua

Inilah yang coba saya lakukan sekarang kawan
Memperlihatkan pada diri sendiri bahwa membaca itu menyenangkan
Karena saya dapat menguraikannya lebih luas menjadi tulisan baru
Tidak saja menulis judul buku, pengarang, tebal & ukuran bukunya

Ada cerita yang dapat saya uraikan lewat tiap buku yang saya baca
Dan saya ingin berbagi dengan kawan kawan apa yang saya tau
Bukan dalam rangka 'pamer' buku yang kami punya, bukan kawan
Tapi ini lho cara asyik yang bisa kita lakukan untuk membaca

So, selain merangsang minat baca anak
Kitapun perlu merangsang minat baca diri sendiri 
Mudah, asyik dan menyenangkan kok 
TBM Ar Rosyid, Baca buku baca dunia


0 komentar:

Posting Komentar

    Blogger news

    Blogroll

    About